Pasar Lawas Mataram 2024 sebagai Bentuk Pelestarian Budaya dalam bidang Kuliner

Pasar Lawas Mataram 2024 kembali hadir di Yogyakarta. Mengangkat tema “Tepung – Srawung – Dunung”, acara ini menekankan pentingnya kebersamaan, persaudaraan, dan saling mengenal antar masyarakat. 

Pasar Lawas Mataram yang diselenggarakan di halaman Masjid Mataram Kotagede, Jagalan, Banguntapan, Bantul ini menawarkan berbagai pengalaman menarik. Selain bernostalgia menikmati aneka kuliner tradisional hingga kudapan jadul yang sudah jarang ditemui, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan musik tradisional. Mulai dari tarian, pertunjukan wayang, gublik musik, pertunjukan angklung, hingga sholawatan.

Terdapat lebih dari 60 UMKM berpartisipasi dalam acara ini, yang didonimasi oleh warga kelurahan Jagalan. Selain menikmati berbagai kuliner dan pertunjukan seni, para pengunjung juga dapat menikmati dan mengenal indahnya situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam dan Lorong – Lorong kota lama dan bangunan rumah – rumah tua di Kotagede. Pasar lawas Mataram yang berlangsung selama tiga hari (20 – 22 September 2024) ini juga menyelenggarakan kegiatan workshop pembuatan makanan tradisional, kipo.

Inezabad Kusmalinda

Share this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *